Sabtu, 05 September 2015

makalah tentang model OSI




KATA PENGANTAR

Puji serta syukur mari kita panjatkan kehadirat Allah swt dan junjungan nabi kita nabi besar  nabi Muhammad saw, karna berkat rahmat dan ridhonya kita diberikan nikmat sehat, iman, sehingga pembuatan serta penyusunan makalah tentang “Model OSI Layer ” ini dapat berjalan dengan baik dan lancar sehingga dapat terselesaikan .
Di dalam makalah ini saya ingin menyampaikan sedikit tentang pengertian OSI beserta layer-layernya, penggunaan OSI, Tak lupa kami mengucapkan terimakasih kepada :
           Allah swt yang telah memberikan rahmat dan nikmatya kepada kami,
           Ibu Endah, selaku  guru pengajar Jaringan Dasar SMKN1 bekasi,
           Orang tua yang membantu secara materiil maupun non materiil,
           Serta pihak yang telah mambantu terselesaikannya makalah ini.
Saya selaku penyusun menyadari masih banyak terdapat kekurangan dalam makalah ini. Kritik dan saran saya terima dengan lapang dada guna meningkatkan mutu dan isi dari makalah ini. Terima kasih.

BAB I
PENDAHULUAN

Suatu system gadget atau komputer didalamnya selalu memiliki perangkat atau software yang berfungsi berkomunikasi. Mungkin komunikasi antar data maupun antar perangkat atau perangkat dan manusia. Hubungan yang disebut komunikasi telah menjadi hal awam bagi masyarakat luas. Dalam berkomunikasi ini komunikasi di dalam komputer memiliki syarat atau perantara agar tidak terjadi missed communication atau salah komunikasi. Sehingga, komunikasi yang berjalan akan berjalan lancar.
animasi blog
Sebelum kita membahas isi makalah ini akan saya jelaskan sedikit  tentang Protokol Jaringan dan sejarah OSI. Pengertian protokol  adalah sebuah aturan baku yang mengatur atau megijinkan hubungan dan komunikasi, perpindahan data antara dua komputer atau lebih. Protokol dapat di terapkan pada hardware (perangkat keras) dan software (perangkat lunak ) ataupun di gabungkan keduanya. Pada tingkatan yang terendah,  protokol mendefinisikan koneksi perangkat keras ( hardware).


Beberapa hal yang biasanya di lakukan oleh protokol jaringan yaitu :
           Melakukan deteksi adanya koneksi fisik atau ada tidaknya komputer / mesin lainnya.
           Melakukan metode “jabat-tangan” (handshaking).
           Negosiasi berbagai macam karakteristik hubungan.
           Bagaimana mengawali dan mengakhiri suatu pesan.
           Bagaimana format pesan yang digunakan.
           Yang harus dilakukan saat terjadi kerusakan pesan atau pesan yang tidak sempurna.
           Mendeteksi rugi-rugi pada hubungan jaringan dan langkah-langkah yang dilakukan selanjutnya.
           Mengakhiri suatu koneksi.

Sebelum protokol  melakukan tugas di atas , ada beberapa hal yang harus di pertimbangkan diantaranya efektivitas , kehandalan , dan kemampuan dalam koneksi jaringan . Protokol mempunyai standarisai dari beberapa organisasi yaitu IETF, ETSI, ITU, dan ANSI.
Dan sedikit sejarah OSI yaitu dahulu pada era 70-an, banyak perusahaan software yang membuat System Network Architektur (SNA), yang antara lain IBM, Digital, Sperry, burough dsb.
Tentunya masing-masing perusahaan tersebut membuat aturan-aturan, sendiri yang satu sama lain tidak sama, misalkan IBM mengembangkan SNA yang hanya memenuhi kebutuhan komputer-komputer menggunakan SNA produk IBM ingin dihubungkan dengan SNA produk digital tentunya tidak bisa, hal ini disebabkan protokolnya tidak sama . Masalah utamanya adalah harus menggunaakan bahasa standard yang bisa dimengerti semua pihak.
Menghadapi kenyataan ini, kemudian The International Standard Organization (ISO) pada sekitar tahun 1980-an, meluncurkan sebuah standar model referensi  yang berisi cara kerja serangkaian protokol SNA. model referensi ini selanjutnya dinamakan Open System Interconnection (OSI).
Model Referensi OSI terdiri dari 7 buah bagian / layer yang masing-masing layer mempunyai tugas sendiri-sendiri. dikarenakan OSI terdiri dari 7 macam layer, maka model referensi OSI seringkali disebut OSI 7 Layer (OSI seven layer model). 
 .
1.      Model OSI

1.2 Pengertian Model OSI
OSI merupakan singkatan dari Open System Interconnection adalah standard komunikasi yang diterapkan di dalam jaringan komputer. Standard itulah yang menyebabkan seluruh alat komunikasi dapat saling berkomunikasi melalui jaringan. Dahulu ketika OSI belum digunakan, perangkat komunikasi yang berasal dari vendor berbeda tidak dapat saling berkomunikasi. Alat komunikasi yang diciptakan oleh IBM tidak dapat berkomunikasi dengan vendor lain. Sehingga dibentuklah standard OSI. 
Open Systems Interconnection (OSI) model juga merupakan suatu referensi untuk memahami komunikasi data antara dua buah sistem yang saling terhubung. Model Layer OSI dibagi dalam dua group: “upper layer” dan “lower layer”. “Upper layer” fokus pada applikasi pengguna dan bagaimana file direpresentasikan di komputer. Untuk Network Engineer, bagian utama yang menjadi perhatiannya adalah pada “lower layer”. Lower layer adalah intisari komunikasi data melalui jaringan actual. OSI layer membagi proses komunikasi menjadi tujuh lapisan. Setiap lapisan berfungsi untuk melakukan fungsi-fungsi spesifik untuk mendukung lapisan diatasnya dan sekaligus juga menawarkan layanan untuk lapisan yang ada di bawahnya. Tiga lapisan terbawah akan fokus pada melewatkan trafik melalui jaringan kepada suatu sistem yang terakhir. Empat lapisan teratas akan bermain pada sistem terakhir untuk menyelesaikan proses komunikasinya.

1.2 Tujuan OSI Layer
Tujuan utama penggunaan model OSI adalah untuk membantu desainer jaringan  memahami. 
Fungsi dari tiaptiap layer yang berhubungan dengan aliran komunikasi data. Termasuk jenis - jenis protoklol jaringan dan metode transmisi. Model dibagi menjadi 7 layer, dengan karakteristik dan fungsinya masingmasing. Tiap layer harus dapat berkomunikasi dengan layer di atasnya maupun dibawahnya secara langsung melalui serentetan protokol dan standard




1.3 Cara Kerja Model OSI

Cara Kerja : Pembentukan paket dimulai dari layer teratas model OSI.
Aplication layer megirimkan data ke presentation layer, di presentation layer data ditambahkan header dan atau tailer kemudian dikirim ke layer dibawahnya, pada layer dibawahnya pun demikian, data ditambahkan header dan atau tailer kemudian dikirimkan ke layer dibawahnya lagi, terus demikian sampai ke physical layer.
Di physical layer data dikirimkan melalui media transmisi ke host tujuan.
Di host tujuan paket data mengalir dengan arah sebaliknya, dari layer paling bawah kelayer paling atas.
animasi  bergerak gifProtokol pada physical layer di host tujuan mengambil paket data dari media transmisi kemudian mengirimkannya ke data link layer, data link layer memeriksa data-link layer header yang ditambahkan host pengirim pada paket,  jika host bukan yang dituju oleh paket tersebut maka paket itu akan di buang, tetapi jika host adalah yang dituju oleh paket tersebut maka paket akan dikirimkan ke network layer, proses ini terus berlanjut sampai ke application layer di host tujuan. Proses pengiriman paket dari layer ke layer ini disebut dengan “peer-layer communication”.


1.4 Bagian Layer – Layer pada OSI beserta Pengertiannya
a)      Physical Layer.
Ini adalah layer yang paling sederhana yang berkaitan dengan electrical (dan optical) koneksi antar peralatan. Data biner dikodekan dalam bentuk yang dapat ditransmisi melalui media jaringan, sebagai contoh kabel, transceiver dan konektor yang berkaitan dengan layer Physical. Peralatan seperti repeater, hub dan network card adalah berada pada layer ini.
Fungsi physical layer antara lain : Untuk mendefinisikan media transmisi jaringan, metode pensinyalan, sinkronisasi bit, arsitektur jaringan (seperti halnya Ethernet atau Token Ring), topologi jaringan dan pengabelan. Selain itu, level ini juga mendefinisikan bagaimana Network Interface Card (NIC) dapat berinteraksi dengan media kabel atau radio. Cotoh dari physical layer : Hub.
   
   Network components:                      Protocols:
o   Repeater                                                     o  IEEE 802 (Ethernet standard)
o   Multiplexer                                                 o  IEEE 802.2 (Ethernet standard)
o   Hubs(Passive and Active)                          o   ISO 2110
o   TDR                                                          o   ISDN
o   Oscilloscope
o   Amplifier

b)       Data-link layer
Layer ini sedikit lebih “cerdas” dibandingkan dengan layer physical, karena menyediakan transfer data yang lebih nyata. Sebagai penghubung antara media network dan layer protocol yang lebih high-level, layer data link bertanggung-jawab pada paket akhir dari data binari yang berasal dari level yang lebih tinggi ke paket diskrit sebelum ke layer physical. Akan mengirimkan frame (blok dari data) melalui suatu network. Ethernet (802.2 & 802.3), Tokenbus (802.4) dan Tokenring (802.5) adalah protocol pada layer Data-link.
Fungsi data-link layer antara lain : Untuk menentukan bagaimana bit-bit data dikelompokkan menjadi format yang disebut sebagai frame. Selain itu, pada level ini terjadi koreksi kesalahan, flow control, pengalamatan perangkat keras (seperti halnya Media Access Control Address (MAC Address), dan menetukan bagaimana perangkat-perangkat jaringan seperti hub, bridge, repeater, dan switch layer 2 beroperasi.  Spesifikasi IEEE 802, membagi level ini menjadi dua level anak, yaitu lapisan Logical Link Control (LLC) dan lapisan Media Access Control (MAC). 
Contoh dari  link  layer  :  NIC  /  LAN Card.
   Network components:                             Protocols:
o   Bridge                                          Media Access Control: 
o   Switch                                              o   802.3 CSMA/CD (Ethernet)
o   ISDN Router                                   o   802.4 Token Bus (ARCnet)
o   Intelligent Hub                                 o   802.5 Token Ring
o   NIC                                        o   802.12 Demand Priority
o   Advanced Cable Tester    



c)  Network Layer
Tugas utama dari layer network adalah menyediakan fungsi routing sehingga paket dapat dikirim keluar dari segment network lokal ke suatu tujuan yang berada pada suatu network lain. IP, Internet Protocol, umumnya digunakan untuk tugas ini. Protocol lainnya seperti IPX, Internet Packet eXchange. Perusahaan Novell telah memprogram protokol menjadi beberapa, seperti SPX (Sequence Packet Exchange) & NCP (Netware Core Protocol). Protokol ini telah dimasukkan ke sistem operasi Netware.
animasi  bergerak gif
Fungsi network layer antara lain : Untuk mendefinisikan alamat-alamat IP, membuat header untuk paket-paket, dan kemudian melakukan routing melalui internetworking dengan menggunakan router dan switch layer-3. Contoh dari Network Layer : B-router.
Network component :                                         Protocols :
o   Bridge                                                   o   IP; ARP; RARP, ICMP; RIP; OSFP;
o   Switch                                                   o   IGMP
o   ISDN Router                                        o   IPX
o   Intelligent Hub                                      o   NWLink
o   NIC                                                       o   NetBEUI
o   Advanced Cable Tester                        o   OSI
                                                                   o   DDP
                                                                   o   DECnet
d)  Transport Layer
Layer transport data, menggunakan protocol seperti UDP, TCP dan/atau SPX (Sequence Packet eXchange, yang satu ini digunakan oleh NetWare, tetapi khusus untuk koneksi berorientasi IPX). Layer transport adalah pusat dari mode-OSI. Layer ini menyediakan transfer yang reliable dan transparan antara kedua titik akhir, layer ini juga menyediakan multiplexing, kendali aliran dan pemeriksaan error serta memperbaikinya.
Fungsi transport layer antara lain : Untuk memecah data ke dalam paket-paket data serta memberikan nomor urut ke paket-paket tersebut sehingga dapat disusun kembali pada sisi tujuan setelah diterima. Selain itu, pada level ini juga membuat sebuah tanda bahwa paket diterima dengan sukses (acknowledgement), dan mentransmisikan ulang terhadap paket-paket yang hilang di tengah jalan. Contoh dari transport layer : B-router.
Network components:                               Protocols:
o   Gateway                                                      o   TCP, ARP, RARP;
o   Advanced Cable Tester                              o   SPX                                                          

e)   Session Layer
animasi  bergerak gif
Layer Session, sesuai dengan namanya, sering disalah artikan sebagai prosedur logon pada network dan berkaitan dengan keamanan. Layer ini menyediakan layanan ke dua layer diatasnya, Melakukan koordinasi komunikasi antara entiti layer yang diwakilinya. Beberapa protocol pada layer ini: NETBIOS: suatu session interface dan protocol, dikembangkan oleh IBM, yang menyediakan layanan ke layer presentation dan layer application. NETBEUI, (NETBIOS Extended User Interface), suatu pengembangan dari NETBIOS yang digunakan pada produk Microsoft networking, seperti Windows NT dan LAN Manager. ADSP (AppleTalk Data Stream Protocol). PAP (Printer Access Protocol), yang terdapat pada printer Postscript untuk akses pada jaringan AppleTalk.
Fungsi session layer antara lain : Untuk mendefinisikan bagaimana koneksi dapat dibuat, dipelihara, atau dihancurkan. Selain itu, di level ini juga dilakukan resolusi nama. Dan juga mengendalikan dialog antar aplikasi. Contoh dari Session layer: Gateway.
Network components :                    Protocols:
o   Gateway                                  o   NetBIOS          
                                                    o   Names Pipes
                                                       o   Mail Slots
                                                    o   RPC

f)   Presentation Layer
Layer presentation dari model OSI melakukan hanya suatu fungsi tunggal: translasi dari berbagai tipe pada syntax sistem. Sebagai contoh, suatu koneksi antara PC dan mainframe membutuhkan konversi dari EBCDIC character-encoding format ke ASCII dan banyak faktor yang perlu dipertimbangkan. Kompresi data (dan enkripsi yang mungkin) ditangani oleh layer ini.
Fungsi presentation layer antara lain : Untuk mentranslasikan data yang hendak ditransmisikan oleh aplikasi ke dalam format yang dapat ditransmisikan melalui jaringan. Protokol yang berada dalam level ini adalah perangkat lunak redirektor (redirector software), seperti layanan Workstation (dalam Windows NT) dan juga Network shell (semacam Virtual Network Computing (VNC) atau Remote Desktop Protocol (RDP)). Contoh dari Pressentation layer :  Gateway.
Network components:             Protocols:
o   Gateway                    o   None
o   Redirector

g)   Aplication Layer
Layer ini adalah yang paling “cerdas”, gateway berada pada layer ini. Gateway melakukan pekerjaan yang sama seperti sebuah router, tetapi ada perbedaan diantara mereka. Layer Application adalah penghubung utama antara aplikasi yang berjalan pada satu komputer dan resources network yang membutuhkan akses padanya. Layer Application adalah layer dimana user akan beroperasi padanya, protocol seperti FTP, telnet, SMTP, HTTP, POP3 berada pada layer Application.
Fungsi application layer antara lain : Sebagai antarmuka dengan aplikasi dengan fungsionalitas jaringan, mengatur bagaimana aplikasi dapat mengakses jaringan, dan kemudian membuat pesan-pesan kesalahan. Protokol yang berada dalam lapisan ini adalah HTTP, FTP, SMTP, dan NFS. Contoh dari Application layer: Gateway
      Network components:       Protocols:
animasi blog        o   Gateway                         o   DNS; FTP
            o   TFTP; BOOTP
            o   SNMP; RLOGIN
            o   SMTP; MIME;
            o   NFS; FINGER
            o   TELNET; NCP
            o   APPC; AFP
            o   SMB

#Indarto_Lutfi_Pradana
#CFC

 Semoga bermanfaat
animasi  bergerak gif


3 komentar:

  1. Coin Casino | Claim a No Deposit Bonus | CasinoRewards
    The 인카지노 site is 바카라 powered by Evolution Gaming, so you can make your gambling 바카라 사이트 real and enjoyable, while also having fun with it. In the

    BalasHapus
  2. Rakeback Casino Rakeback Review - $500 + 100 FS
    Rakeback e 스포츠 토토 Casino is a high-quality online gambling site that can be accessed from your 바카라게임사이트 desktop 밑슴 or mobile 토토 사이트 도메인 phone. This 일본 야구 분석 사이트 casino is designed to  Rating: 3.9 · ‎Review by Casino Roll

    BalasHapus
  3. Casino Review - MGM d & Player | drmcd
    Find out the info, casino ratings and how to get a bonus 강릉 출장마사지 code for Casino - MGM - Player at MGM. 계룡 출장마사지 Use 서산 출장안마 our coupons. 1 Casino 하남 출장샵 Rewards® · 2 충청북도 출장샵 Casino Rewards®

    BalasHapus